Rabu, 02 Oktober 2013

SOSIAL MEDIA di INDONESIA


Perkebangan teknologi dewasa ini, banyak menciptakan beragam aplikasi sebagai bentuk, bagaimana teknologi itu berkembang  pesat seiring berjalannya waktu. Banyak innovator yang berusaha untuk menciptakan media social untuk mencapai komunikasi yang efektif dan efisien.  Beberapa bentuk jejaring social telah banyak diketahui seperti : facebook, twitter, path, tangged, myspace, linkedIN dll.  Jutaan orang didunia menggunakan media social sebagai saran komunikasi, tidak terkecuali Negara tercinta kita Indonesia.
 Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang social media di iIndonesia. Berdasarkan penelitian, Indonesia termasuk pengguna social media tertinggi di dunia. Dan yang menjadi primadona adalah facebook dan twitter. Menurut metrotvnews pengguna facebook di Indonesia mencapai 43,06 juta orang, ini menjadikan Indonesia sebagai pengguna Facebook terbesar kedua setelah USA.  Sedangkan menurut kompas dan tempo pengguna twitter Indonesia mencapai 19,5 juta orang. Indonesia memproduksi 15% tweet sehingga membuat Negara ini menjadi ketiga terbesar pengguna twitter aktif di dunia. Estimasi yang ada juga menunjukkan bahwa per bulannya ada 3.8 juta orang Indonesia aktif di twitter dan memposting 53,880 tweet per jam. Pengguna Twitter lebih sering menggunakan Twitter di Indonesia pada saat weekend, pagi hari dan malam hari bahkan Jakarta menjadi most Twitter Users (13.3% of activity)
Sebenarnya apa yang membuat orang Indonesia begitu menggandrungi media social? Apakah pemanfaatan media social di Indonesia benar-benar sudah maksimal? Apakah media social seperti facebook atau twitter hanya digunakan untuk  “galau” atau update status semata?

Mungkin untuk sebagian orang, media sosial hanya digunakan untuk “galau” dan update status semata. Tapi dalam dunia kerja, facebook dan twitter juga bisa digunakan untuk melihat bagaimana karakter para pencari kerja yang melamar pada sebuah perusahaan. Karakter asli mereka akan terbaca  lewat tweet atau status yang mereka posting. Tweet dan status yang diposting akan memperlihatkan apa adanya mereka. Ini akan mempermudah perusahaan untuk mencari karyawan yang lebih berkarakter.

Tidak hanya itu, social media di Indonesia juga sudah banyak digunakan oleh para pebisnis dan politikus. Banyak pebisnis yang membuat akun facebook atau twitter untuk produk yang mereka buat. Hal ini akan lebih mempermudah dalam promosi dan pemasaran produk tersebut.

Sedangkan bagi politikus, social media digunakan sebagai bentuk promosi diri, agar masyarakat lebih mengenal sosok mereka. Bahkan, hasil sebuah pemilu dapat diprediksi dari berapa banyak  respon tweet positif yg diberikan untuk seorang kader politik.

Jadi  media social seperti twitter atau facebook di Indonesia tidak hanya digunakan untuk ajang “galau” atau update status semata, masih banyak manfaat lain yang bisa didapat dari social media.

Indonesia tidak hanya sebagai pengguna social media semata, ternyata Indonesia juga sudah bisa menciptakan social media sendiri, beberapa diantaranya adalah :


  1.  ADADU, Situs ini diluncurkan  dalam versi beta di bulan Oktober 2009. Situs web berbagi video dan layanan pengunggahan video ini menyediakan layanan gratis bagi pengguna umum dan pembuat atau penerbit video independen.
  2. AkuCintaSekolah, Situs komunitas Yang bertujuan untuk menjadi wadah semua orang yang pernah dan masih sekolah di Indonesia. Situs jejaring sosial ini menurut penggunanya cukup aman bagi anak sekolah. Semua data yang didapat oleh situs ini merupakan hasil survei yang langsung didata ke setiap sekolah.
  3. CathFriend, Situs ini meski sederhana, namun menyajikan halaman khusus untuk bisnis. Sayangnya jejaring ini tidak memiliki notifikasi jika ada user baru yang bergabung atau menampilkan user yang sedang online.
  4. Digli, Secara konsep, situs jejaring ini menggabungkan antara Facebook dengan Kaskus. Jumlah anggotanya saat ini mencapai 11.942 orang.
  5. FB.co.id, Situs ini lahir dengan konsep yang hampir mirip dengan Facebook, yaitu menjaring sebanyak-banyaknyauser untuk menjadi member aktif. beberapa fitur seperti sharing album foto, video, dan blog.
  6. Fupei Friends Uniting Program Especially Indonesia, sebuah situs komunitas yang berisi jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet, dikhususkan untuk kalangan Indonesia.
  7. Goesmart, Sosial media pendidikan buatan Bandung ini diperuntukkan bagi pelajar, guru, orang tua dan alumni. Situs web berbasis multimedia interaktif ini terdapat fitur ruang diskusi, ngobrol, rapor, album alumni, book viewer, soal latihan, dan badge. dll



Referensi:       
salingsilang.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar