Perkebangan teknologi
dewasa ini, banyak menciptakan beragam aplikasi sebagai bentuk, bagaimana
teknologi itu berkembang pesat seiring
berjalannya waktu. Banyak innovator yang berusaha untuk menciptakan media
social untuk mencapai komunikasi yang efektif dan efisien. Beberapa bentuk jejaring social telah banyak
diketahui seperti : facebook, twitter, path, tangged, myspace, linkedIN
dll. Jutaan orang didunia menggunakan
media social sebagai saran komunikasi, tidak terkecuali Negara tercinta kita
Indonesia.
Pada kesempatan ini saya ingin membahas
tentang social media di iIndonesia. Berdasarkan penelitian, Indonesia termasuk
pengguna social media tertinggi di dunia. Dan yang menjadi primadona adalah
facebook dan twitter. Menurut
metrotvnews pengguna facebook di
Indonesia mencapai 43,06 juta orang, ini menjadikan Indonesia sebagai pengguna
Facebook terbesar kedua setelah USA. Sedangkan
menurut kompas dan tempo pengguna twitter Indonesia mencapai 19,5 juta orang. Indonesia memproduksi 15% tweet sehingga membuat
Negara ini menjadi ketiga terbesar pengguna twitter aktif di dunia. Estimasi
yang ada juga menunjukkan bahwa per bulannya ada 3.8 juta orang Indonesia aktif
di twitter dan memposting 53,880 tweet per jam. Pengguna Twitter lebih sering
menggunakan Twitter di Indonesia pada saat weekend, pagi hari dan malam hari
bahkan Jakarta menjadi most Twitter Users (13.3% of activity)
Sebenarnya apa yang
membuat orang Indonesia begitu menggandrungi media social? Apakah pemanfaatan
media social di Indonesia benar-benar sudah maksimal? Apakah media social
seperti facebook atau twitter hanya digunakan untuk “galau” atau update status semata?
Mungkin untuk sebagian
orang, media sosial hanya digunakan untuk “galau” dan update status semata.
Tapi dalam dunia kerja, facebook dan twitter juga bisa digunakan untuk melihat
bagaimana karakter para pencari kerja yang melamar pada sebuah perusahaan.
Karakter asli mereka akan terbaca lewat
tweet atau status yang mereka posting. Tweet dan status yang diposting akan
memperlihatkan apa adanya mereka. Ini akan mempermudah perusahaan untuk mencari
karyawan yang lebih berkarakter.
Tidak hanya itu, social
media di Indonesia juga sudah banyak digunakan oleh para pebisnis dan
politikus. Banyak pebisnis yang membuat akun facebook atau twitter untuk produk
yang mereka buat. Hal ini akan lebih mempermudah dalam promosi dan pemasaran
produk tersebut.
Sedangkan bagi
politikus, social media digunakan sebagai bentuk promosi diri, agar masyarakat
lebih mengenal sosok mereka. Bahkan, hasil sebuah pemilu dapat diprediksi dari
berapa banyak respon tweet positif yg
diberikan untuk seorang kader politik.
Jadi media social seperti twitter atau facebook di
Indonesia tidak hanya digunakan untuk ajang “galau” atau update status semata,
masih banyak manfaat lain yang bisa didapat dari social media.
Indonesia tidak hanya
sebagai pengguna social media semata, ternyata Indonesia juga sudah bisa
menciptakan social media sendiri, beberapa diantaranya adalah :
- ADADU, Situs ini diluncurkan dalam versi beta di bulan Oktober 2009. Situs web berbagi video dan layanan pengunggahan video ini menyediakan layanan gratis bagi pengguna umum dan pembuat atau penerbit video independen.
- AkuCintaSekolah, Situs komunitas Yang bertujuan untuk menjadi wadah semua orang yang pernah dan masih sekolah di Indonesia. Situs jejaring sosial ini menurut penggunanya cukup aman bagi anak sekolah. Semua data yang didapat oleh situs ini merupakan hasil survei yang langsung didata ke setiap sekolah.
- CathFriend, Situs ini meski sederhana, namun menyajikan halaman khusus untuk bisnis. Sayangnya jejaring ini tidak memiliki notifikasi jika ada user baru yang bergabung atau menampilkan user yang sedang online.
- Digli, Secara konsep, situs jejaring ini menggabungkan antara Facebook dengan Kaskus. Jumlah anggotanya saat ini mencapai 11.942 orang.
- FB.co.id, Situs ini lahir dengan konsep yang hampir mirip dengan Facebook, yaitu menjaring sebanyak-banyaknyauser untuk menjadi member aktif. beberapa fitur seperti sharing album foto, video, dan blog.
- Fupei Friends Uniting Program Especially Indonesia, sebuah situs komunitas yang berisi jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet, dikhususkan untuk kalangan Indonesia.
- Goesmart, Sosial media pendidikan buatan Bandung ini diperuntukkan bagi pelajar, guru, orang tua dan alumni. Situs web berbasis multimedia interaktif ini terdapat fitur ruang diskusi, ngobrol, rapor, album alumni, book viewer, soal latihan, dan badge. dll
Referensi:
salingsilang.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar